25 Maret 2015

Daftar Makanan yang Sedap dimakan dengan Sambal Uleg

Indonesia terkenal akan ragam kuliner yang unik, ekstrim, mantap dan pedas. Pun juga dengan sambal khas di berbagai daerah yang disesuaikan dengan lidah masyarakatnya. Kali ini saya tidak akan membahas aneka jenis sambal yang ada tetapi makanan yang enak apabila dimakan dengan sambal uleg (bisa disebut sambal terasi). Karena mayoritas masyarakat Indonesia suka akan makanan pedas, bahkan hampir di pelosok-pelosok daerah selalu mengutamakan rasa pedas.

Beberapa makanan Indonesia yang cocok jika dimakan dengan sambel uleg, yaitu :
1.  Tempe Penyet
Ini makanan favorit saya, tempe penyet dengan lalapan kemangi, mentimun dan kol. Kalau ada makanan ini bisa habis nasi 1 bakul. Murah meriah kenyang.


2.  Belut Goreng
Kadang suka habis di warung-warung kalau sudah malam. Digoreng dengan tepung lalu disajikan hangat-hangat. Sangat menggoda selera makan.


3.  Lele Goreng
Salah satu ikan air tawar yang digemari masyarakat Indonesia. Dengan budidaya yang mudah sehingga harga ikan ini cukup stabil. Kita pun bisa makan sepuasnya.


4.  Ayam Goreng
Ini makanan favorit orang Indonesia, harga masih aman di kantong dan kenyang di perut. Hampir di setiap daerah ada menu satu ini, bahkan sampai di restoran fast food juga. Sekarang ini sudah ada berbagai macam olahan ayam, yakni ada yang goreng, bacem, bakar, presto tulang lunak, dll.


5.  Bebek Goreng
Selain harganya cukup mahal dan juga buat orang yang hipertensi atau kolesterol, harus hati-hati memakannya. Boleh makan tapi jangan sering. Memang sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.


6.  Ikan Bakar
Untuk ini bisa berupa ikan laut atau ikan tawar, tergantung selera kita masing-masing. Buat yang tidak suka dibaka, bisa digoreng sehingga bau amis bisa hilang. Biasanya makanan ini ada di pemancingan ikan, setelah kita mendapatkan hasil pancingan bisa langsung diolah di pemancingan tersebut.


7.  Sambal Goreng Petai
Ini juga salah satu makanan favorit saya, bisa digoreng atau dimakan mentah. Atau klo mau diolah dengan kreasi sendiri seperti dicampur dengan potongan tahu tempe lalu disiram sambal terasi dan diberi air sedikit, mantap dehh…


8.  Sayur Bayam
Makanan berkuah yang cocok dimakan dengan sambal uleg, dengan diberi lauk dadar jagung, lalu kerupuk. Pas sekali sebagai menu makan siang.


Sambal uleg telah menjadi makanan khas di berbagai daerah. Tak jarang kota atau daerah tersebut menjadi terkenal karena sambal uleg yang pedas 

Picture from Mbah Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar